"Fez" Ulasan: kusut pixelated Baru akan menyakiti otak Anda

CBS News Anda mungkin tidak bermain game seperti "Fez" sebelumnya.
Pengembang Polytron dan Trapdoor telah membuat dunia robek menawan 2D dari era diperintah oleh orang-orang seperti Mega Man dan Super Mario. Ini dunia 2D senang mendapat rasa dari masa depan ketika itu diserang oleh dimensi ketiga.
Anda harus menggunakan kemampuan baru ditemukan untuk mengendalikan dimensi ketiga untuk mencari potongan kubus hancur dan mengembalikan dunia permainan kembali ke alam bahagia negara yang dua dimensi.
Metafora di sini cukup kuat: game 2D adalah era bahagia, game 3D mendapatkan basi mengandalkan gameplay yang sama untuk setiap permainan baru atau kreativitas yang sebagian besar telah melewatkan mendukung pendapatan menyapu judul blockbuster. Bahkan karakter di Fez marah tentang hal ini dimensi ketiga baru dan ingin tidak lebih dari untuk kembali ke lama mereka "datar" kehidupan - kehidupan yang sederhana. Ironi di sini adalah tentu saja bahwa engsel seluruh permainan pada penggunaan pemain dari dimensi ketiga, sehingga membuat itu apa yang akan Anda.
Bukan hanya sarana untuk menampilkan dunia di sekitar Anda, dimensi ketiga adalah bukan digunakan sebagai perangkat permainan sementara karakter bergerak sepanjang bidang 2D. Menggunakan kiri dan kanan memicu Anda dapat mengubah dunia permainan pada porosnya, memutarnya 90 derajat pada suatu waktu.
Sulit bahkan menjelaskan, tetapi dunia Anda melintasi tidak mengerti dimensi ketiga. Kedalaman, latar depan, latar belakang - kata-kata ini ada artinya di sini. Dari satu perspektif langkan mungkin terlalu jauh untuk melompat, tapi memutar kamera dan tiba-tiba berbaris bersama birai lain. Meskipun secara teknis "di belakang" langkan Anda sedang berdiri di, ia menempati ruang 2D yang sama memungkinkan Anda untuk hanya berjalan tepat bersama. Ini tentang sebagai dekat dengan video game oleh M.C. Escher sebagai mungkin.
Ini mekanik gameplay inti ada gimmick baik. Tentu kita telah melihat sesuatu yang sama dalam "Kertas Super Mario Wii" dengan berputar perspektif, tetapi "Fez" dirancang dari bawah ke atas sekitar konsep berpotongan ruang 2D dan 3D.
Setiap tingkat adalah memutar dunia, pikiran-lipatan teka-teki yang akan menguji kemampuan Anda pemahaman spasial. Sama seperti belajar untuk berpikir dengan portal di Valve "Portal", memahami fisika unik dari dunia "Fez" adalah kunci untuk berhasil mencapai daerah berikutnya.
Kalau itu semua permainan itu akan cukup, tapi Fez tidak berhenti di situ. Dunia game, grafis dan musik yang penuh dengan nostalgia dengan banyak mengangguk untuk waralaba populer lainnya - dari kubus Anda "peri" untuk peti harta karun tersembunyi dan bahkan beberapa dialog karakter akrab.
Seperti banyak pra-milenium game, "Fez" adalah tentang mengeksplorasi dan memahami aturan permainan dunia. Ada tangan yang sangat kecil memegang sini. Tidak ada pencarian panah menunjukkan jalan dan sering bahkan tidak rasa yang jelas tentang cara adalah ke depan, ke belakang atau ke samping pada peta permainan.
Ini sangat bermanfaat ketika Anda mencari tahu teka-teki yang kompleks pada Anda sendiri atau Anda mungkin hanya gila sebagai otak Anda mulai mencair dari teka-teki yang tampaknya tak terpecahkan.
Tapi seperti permainan SPN tua, ada rahasia untuk ditemukan oleh mereka yang bersedia untuk mencari mereka. Pemain kasual hanya menikmati permainan dunia tidak perlu khawatir tentang menemukan setiap sudut dan celah, meskipun mereka meminjamkan beberapa kemampuan memutar ulang ke permainan. Kembali ke tingkat masa lalu untuk menemukan setiap item tertagih akan membuat Anda ketagihan berjam-jam.
Tampaknya banyak kreativitas dalam industri game modern adalah untuk ditemukan dalam judul download hari ini - "Rez," "Limbo", "Journey", "Braid," "Spore", "Pedang & Sworcery" dan sekarang " Fez. " Permainan ini tidak takut untuk melangkah keluar norma dan benar-benar bersinar untuk itu. "Fez" adalah judul berkesan dan abadi yang memberikan pengalaman mendalam yang kaya dengan kepribadian tidak seperti hari ini judul blockbuster modern.

0 komentar:

Posting Komentar